http://www.syahrudinpaudpo.com

Rabu, 02 September 2015

NASKAH LOMBA APE DARI BAHAN ALAM


BAB I
PENDAHULUAN

1.      Latar Belakang.

RA ( Roudlotul Athfal ) adalah salah satu bentuk PAUD pada jalur pendidikan formal serta menyelenggarakan program pendidikan yang bertujuan mengembangkan potensi anak secara optimal berkembang sesuai tahap-tahap perkembangannya.
Anak-anak PAUD (usia 4-6 tahun) senang bermain karena dunia anak usia ini adalah dunia bermain. Oleh karena itu guru PAUD harus dapat memfasilitasi anak dengan berbagai alat permainan yang baru, aman dan menyenangkan. Alat permainan tersebut tidak harus didapat dengan cara membeli namun kita dapat membuatnya sendiri dengan menggunakan bahan alam yang ada disekitar rumah kita.

2.      Tujuan.
v  Alat Peraga Edukatif  ROBITAKUbertujuan :
-          Meningkatkan kreatifitas guru RA/TK
-          Mengenalkan Inovasi Alat Peraga Edukatif  yang baru
-          Meningkatkan  pembelajaran yang inovatif dan kreatif

3.      Manfaat.
Alat Peraga Edukatif  ROBITAKU” bermanfaat :
-          Mengembangkan cara berfikir anak yang kreatif
-          Mengenalkan lambang bilangan dan tulisannya
-          Mengenalkan tanda tambah ( + ) dan kurang ( - )
-          Mengembangkan kerjasama dengan teman
-          Meningkatkan rasa percaya diri
-          Sabar menunggu giliran


1
 
BAB II
PEMBAHASAN

A.    Tema
Tema   : Tanaman

B.     Nama Dan Jenis Alat Peraga
Nama Alat       :  ROBITAKU “ (Roda Biji Tambah Kurang)
Jenis Alat        : Alat Peraga Edukatif (APE)

C.    Bahan dan Harga.
Bahan dan Harga yang digunakan, antara lain :
-          Kedelai hitam                                         Rp.    1.000
-          Kedelai Putih                                          Rp.    1.000
-          Lada                                                       Rp.    1.000
-          Koro Blirik                                             Rp.    -
-          Koro Hitam                                            Rp.    -
-          Koro Putih                                              Rp.    -
-          Klusu                                                      Rp.    -
-          Jagung                                                    Rp.    1.000
-          Ketumbar                                                Rp.    1.000
-          Kacang hijau                                           Rp.    1.000
-          Ampas Kelapa                                        Rp.   
-          Pewarna Makanan                                  Rp.   2.000
-          Beras                                                       Rp.    -
-          Lamtoro                                                  Rp.    -
-          Pelepah pisang                                        Rp.    -
-          Gedek Bekas                                          Rp.   -
-          Bambu                                                    Rp.   -
-          Klinting bekas                                        Rp.    2.000
-          Tledok                                                    Rp.    4.000
-          Kalo                                                        Rp.   4.000
-         
2
Dinamo bekas                                         Rp.   5.000
-          Lampu LED                                           Rp.    1.000
-          Kabel kecil                                              Rp.   1.000
-          Kretekan                                                 Rp.    5.000
-          Lem Alteco                                             Rp.    6.000
-          Kayu                                                       Rp.     -
-          Baut (AS)                                               Rp.    2.000
Total                                                       Rp.  36.000

D.    Alat Pembuatan.

v  Alat yang digunakan :
-          Spidol
-          Cutter
-          Gunting
-          Penggaris

E.     Cara Pembuatan.

v  Tahap I :
-          Tledok dan Kalo di lubangi pada tengah untuk memasang AS (baut)
-          Tledok disekat menjadi 4 bagian menggunakan pelepah pisang
-          Tledok dan kalo diolesi dengan Lem
-          Tledok  dan kalo ditempeli dengan biji-bijian

v  Tahap II :
Membuat kartu dari anyaman bambo yang kering di bentuk persegi panjang.
Ø  Pengenalan penjumlahan, antara lain :
§  1 + 1 = 2          -  1 + 6 = 7
§  1 + 2 = 3          -  1 + 7 = 8
§  1 + 3 = 4          -  1 + 8 = 9
§  1 + 4 = 5          -  1 + 9 = 10
§  1 + 5 = 6
Ø  Pengenalan Pengurangan, antara lain :
§  2 – 1 = 1          -   7 – 1 = 6
§  3 – 1 = 2          -   8 – 1 = 7
§  4 – 1 = 3          -   9 – 1 = 8
§  5 – 1 = 4          -   10 – 1 = 9
§  6 – 1 = 5
Ø  Pengenalan huruf, antara lain :
§  1 = satu -   6   =  Enam
§  2 = dua -   7   =  Tujuh
§  3 = tiga -   8   =  Delapan
§  4 = empat       -   9       =  Sembilan
§  5 = lima -   10 =  Sepuluh
Ø  Pengenalan kata ( nama biji-bijian ) :
§ Kacang hijau
§ Klusu
§ Jagung
§ Beras

v  Tahap III : Penyelesaian.
§ Semua kartu ditempeli dengan Krek-krekan Baju
§ Biji yang menempel di tledok ditempeli Krek-krekan baju

F.     Cara Bermain.
-          Putar jarum, tunggu sampai henti
-          Anak menyebutkan / membaca kartu sesuai petunjuk jarum
-          Anak menyebutkan hasil penjumlahan / pengurangan
-          Anak mengambil kartu hasil penjumlahan  / pengurangan
-          Anak menyebutkan nama biji sesuai  petunjuk jarum
-          Anak menganbil kartu kata nama biji-bijian
Permainan ini bisa bergantian dengan teman yang lain

G.    Aspek yang di Kembangkan.
1.      ASK ( Akhlaqul karimah, Sosial, Kemandirian ).
-          Dapat bekerjasama dalam kerja kelompok
-          Bersedia bermain dengan teman
-          Bersedia bergabung dengan kelompok
-          Sabar menunggu giliran
-          Antusias ketika melakukan sesuatu yang diinginkan
-          Berani tampil di depan
-          Terbiasa berhenti bermain pada waktunya
2.      Pengetahuan Agama Islam.
-          Menyebutkan benda – benda ciptaan Alloh SWT
-          Menyayangi tanaman ciptaan Alloh SWT

3.      Bahasa.
-          Menyebutkan 4 – 5 urutan kata
-           Menyebutkan huruf awal dari kata - kata
-          Melaksanakan 3 – 5 perintah secara berurutan dengan benar
-          Mengenal aturan dalam suatu permainan
-          Melaksanakan aturan permainan

4.      Kognitif .
-          Mengenal tanda pennjumlahan / pengurangan
-          Mengenal huruf vokal dan konsonan
-          Mengelompokkan biji - bijian menurut jenisnya
-          Membedakan kasar – halus dan besar – kecil
-          Membedakan dua buah benda

5.      Fisik – Motorik.
-          Membuat bentuk geometri dari pelepah pisang
-          Membuat bunyi dari kelinting
-          Memutar alat agar dapat berputar dan berbunyi


BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan

Alat Peraga Edukatif  “ROBITAKU” kami ciptakan dengan bahan yang sangat mudah didapatkan disekitar kita, murah, aman dan komunikatif. Dengan maksud untuk menambah pengetahuan atau wawasan bagi guru dalam memberikan pembelajaran yang kreatif , unik, dan menarik. Sehingga tercipta suasana pembelajaran yang menyenangkan. Dalam menggunakan alat ini guru di tuntut untuk mampu menemukan sesuatu  yang baru  untuk mencapai hasil yang optimal.

B.     Penutup

Di Hari Ulang Tahun IGTKM NU Yang Ke- 38  ini kami persembahkan Sebuah karya dan kreatifitas yang berupa Alat Peraga Edukatif (APE) besar harapan kami mudah –mudahan alat ini nanti akan memberikan sebuah inspirasi bagi semua pendidik dan peserta didik, sebagai sarana penunjang pembelajaran yang menyenangkan, dan tidak itu saja mudah mudah-mudahan diawal Ulang tahun IGTKM NU ini, karya-karya dan kreatifitas pendidik dan peserta didik kian meningkat sehingga pendidikan yang ada RA/TK Muslimat NU Menjadi Lembaga –Lembaga Pendidikan Terdepan, termapan Dan jadi pilihan semua kalangan.
Namun demikian tak luput dari kami dari kekurangan, ketidak sempurnaan dalam pembuatan Alat Peraga Edukatif (APE) ini. Maka dari itu kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan dari para Dewan Juri, Sehingga nantinya Alat ini bisa menjadi lebih baik,dan lebih bermanfaat Amin…





6
 
DAFTAR PUSTAKA

Ruhaena. Fakultas Psikologi Univesitas Muhammadiyah Surakarta.
Departemen Pendidikan Nasional (Persiapan Membaca dan Menulis Permulaan) Jakarta 2007
Depdiknas. 2000. Permainan Membaca Dan Menulis Di Taman Kanak-Kanak.
           Jakarta : Depdiknas
Depdiknas. 2007. Persiapan Membaca Dan Menulis Permulaan Melalui
          Permainan  Di Taman Kanak-Kanak, Jakarta : Depdiknas
Dhieni, Nurbiana. 2008. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta : Universitas  
         Terbuka
Guntur, Henry Tarigan. 1979. Membaca Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa.   
         Bandung : Angkasa
Direktorat Jendral Pendidikan Islam Direktorat Pendidikan Madrasah, Departemen Agama Republik Indonesia, 2007.Kurikulum PAUD Formal Dan Non Formal Muslimat NU Bekerja sama dengan Yayasan Pendidikan Muslimat NU Bina Bakti Wanita Pusat.
Departemen Agama Kantor Wilayah Jawa Timur 2009. Pedoman dan Implementasi Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Untuk RABATA.
Kementerian Agama RI Direktorat Jendral Pendidikan Islam Direktorat Pendidikan Madrasah, 2011. Kurikulum RABATA.


















 




LAMPIRAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diklat K13

Diklat K13

Penyusunan Silabus RA

Penyusunan Silabus RA