http://www.syahrudinpaudpo.com

Evaluasi Diri Guru


A.     Dimensi Tugas Utama/Indikator Kinerja Guru
Evaluasi diri tentang kekuatan dan kelemahan yang dimiliki guru terhadap kompetensi terkait dengan pelaksanaan tugas utama dan jika ada eviden (bukti) terhadap kekuatan dan kelemahan tersebut
I.                    Perencanaan Pembelajaran
1.         Kemampuan memformulasikan tujuan  pembelajaran dalam RPP sesuai dengan kurikulum/silabus dan memperhatikan karakteristik peserta didik
Pembelajaran yang saya rumuskan sesuai dengan RKH ( silabus, promes, prota ) dengan memperhatikan karakteristik peserta didik.



2.         Kemampuan menyusun  bahan ajar secara runut, logis, kontekstual dan mutakhi
Bahan ajar yang saya susun dengan menggunakan sumber yang bervariasi atau saya mengajar tidak hanya menggunakan buku pegangan peserta didik tetapi juga sumber-sumber lain yang relevan.

3.         Kemampuna merencanakan kegiatan pembelajaran yang  efektif
Strategi dan metode pembelajaran yang saya pilih sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotor peserta didik.

4.         Pemiilihan  sumber belajar/media pembelajaran sesuai dengan materi dan strategi pembelajaran

Sumber belajar/media pembelajaran yang saya pilih dapat memudahkan pemahaman peserta didik.

II.                  Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Yang Aktif Dan Efektif
Kagiatan Pendahuluan

1.       Ketrampilan memulai pembelajaran dengan efektif
Saya selalu memotifasi siswa dalam memulai pembelajaran yang efektif dengan mengaitkan materi pembelajaran sebelumnya.

Kegiatan Inti

1.       Penguasaan materi pelajaran
Materi yang saya sampaikan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang dirumuskan dalam rkh.

1.         Kemampuan menerapkan pendekatan/strategi pembelajaran yang efektif
Materi, strategi, dan kegiatan belajar saya sesuaikan dengan kompetensi yang akan dicapai ( kognitif, psikomotor, afektif ) dan disesuaikan dengan kondisi kehidupan nyata dan memiliki manfaat dalam kehidupan sehari-hari peserta didik.

2.         Pemanfaatan sumber belajar/media dalam pembelajaran
Saya memanfaatkan lingkungan dan sumber belajar lainnya serta dapat menggunakan media pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran.

3.         Kemampuan memicu dan atau memelihara keterlibatan siswa dalam pembelajaran
Saya melibatkan peserta didik agar aktif mengikuti pembelajaran.

4.         Kemampuan  bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran
Saya menggunakan bahasa ibu dan bahasa Indonesia dengan benar dan tepat dalam pembelajaran.


Kegiatan Penutup

1.       Ketrampilan  mengakhiri pembelajaran dengan efektif
Saya mengajak peserta didik untuk mengingat kembali hal-hal penting yang sudah terjadi dalam kegiatan belajar dan membuat kesepakatan kegiatan pembelajaran asok hari.
III.                Penilaian Pembelajaran
1.         Perancangan  alat evaluasi untuk mengukur kemajuan dan keberhasilan belajar peserta didik

Saya sudah menyusun alat evaluasi untuk mengukur kemajuan dan keberhasilan belajar peserta didik.
 

2.         Penerapan berbagai strategi dan metode penilaian  untuk memantau kemajuan dan hasil belajar peserta didik dalam mencapai kompetensi tertentu sebagaimana yang tertulis dalam RKH
Saya sudah menerapkan strategi dan metode penilaian untuk memantau kemajuan dan hasil belajar peserta didik sebagaimana yang tertulis dalam RKH.



3.         Pemanfaatan  berbagai  hasil penilaian untuk memberikan umpan balik bagi peserta didik tentang kemajuan belajarnya dan  bahan penyusunan rancangan pembelajaran selanjutnya
Saya sudah mencatat hasil penilaian untuk memberikan umpan balik bagi peserta didik tentang kemajuan belajarnya dan  bahan penyusunan rancangan pembelajaran selanjutnya.



B.     Berbagai hal terkait dengan pemenuhan dan peningkatan kompetensi inti tersebut
1.       Usaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi dan  mengembangkan kompetensi (tugas utama grur) tersebut
Saya Selalu Mengikuti Dan Aktif Dalam Kegiatan Kkg, Igtkm, Workshop, Diklat Untuk Mengembangkan Kompetensi Saya Sebagai Guru

2.       Kendala yang saya hadapi dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi inti tersebut.
Saya Belum Bisa Melaksanakan Dan Mengembangkn Hasil Dari Pelatihan Secara Optimal


3.       Keberhasilan yang saya capai setelah mengikuti pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi (tugas utama guru) tersebut

Saya dapat menciptakan suasana kelas yang kondusif/pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.
4.       Pengembangan keprofesian berkelanjutan yang masih saya butuhkan dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi (tugas utama guru)  tersebut.

Saya membutuhkan materi pengembangan penilaian pembelajaran dan pemantapan dalam penyusunan RKH.


C.     Kompetensi menghasilkan Publikasi Ilmiah
1.       Usaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi dan  mengembangkan kompetensi untuk menghasilkan publikasi ilmiah
Saya sudah membuat alat peraga “ROBITAKU”, Sains “GELEMBUNG PELANGI” dari tumbukan daun, “KOTAK MATEMATIKA”.


2.       Kendala yang saya hadapi dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk menghasilkan publikasi ilmiah
Tidak ada pembimbing dalam pembuatan karya ilmiah.




3.       Keberhasilan yang saya capai setelah mengikuti pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk untuk menghasilkan publikasi ilmiah
ROBITAKU juara III tingkat Provinsi Jawa Timur, Sains GELEMBUNG PELANGI dari tumbukan daun juara I tingkat Kabupaten Ponorogo, KOTAK MATEMATIKA juara I tingkat Kabupaten Ponorogo.

4.       Usaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk menghasilkan publikasi ilmiah
Mengikuti diklat/workshop pengembangan kompetensi publikasi ilmiah.
D.     Kompetensi menghasilkan Karya Inovatif
1.       Usaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi dan  mengembangkan kompetensi untuk menghasilkan karya inovatif
Saya membuat bebarapa alat peraga untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk menghasilkan karya inovatif.



2.       Kendala yang saya hadapi dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk menghasilkan karya inovatif
Belum ada guru senior sebagai pembimbing untuk membuat karya inovatif.



3.       Keberhasilan yang saya capai setelah mengikuti pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk untuk menghasilkan karya inovatif
Saya dapat membuat alat peraga pembelajaran untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk menghasilkan karya inovatif.




4.       Usaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi dan  mengembangkan kompetensi untuk menghasilkan karya inovatif
Mengikuti pelatihan yang mengembangkan kompetensi karya inovatif.




E.      Kompetensi untuk penunjang pelaksanaan pembelajaran berkualitas (TIK, Bahasa Asing, dsb)
1.       Usaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi dan  mengembangkan kompetensi penunjang pelaksanaan pembelajaran yang berkualitas.
Mengikuti diklat dan workshop progam-progam komputer.




2.       Kendala yang saya hadapi dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi penunjang pelaksanaan pembelajaran yang berkualitas.
Belum mampu menguasai progam-progam komputer secara keseluruhan.



3.       Keberhasilan yang saya capai setelah mengikuti pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi penunjang pelaksanaan pembelajaran yang berkualitas

Mampu menjalankan progam dasar Microsoft Word.
4.       Pengembangan keprofesian berkelanjutan yang masih saya butuhkan dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi penunjang pelaksanaan pembelajaran yang berkualitas









Selalu mengikut pelatihan yang ada, sebagai penunjang pelaksanaan pembelajaran yang berkualitas.
F.      Kompetensi untuk melaksanakan tugas tambahan (misalnya Kepala Sekolah, Kepala Perpustakaan, dsb)
1.       Usaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi dan  mengembangkan kompetensi untuk melaksanakan tugas tambahan tersebut

-
2.       Kendala yang saya hadapi dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk melaksanakan tugas tambahan tersebut

-
3.       Keberhasilan yang saya capai setelah mengikuti pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk melaksanakan tugas tambahan tersebut

-
4.       Pengembangan keprofesian berkelanjutan yang masih saya butuhkan dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk melaksanakan tugas tambahan tersebut

-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diklat K13

Diklat K13

Penyusunan Silabus RA

Penyusunan Silabus RA