BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang.
RA ( Roudlotul Athfal ) adalah salah satu bentuk PAUD pada jalur
pendidikan formal serta menyelenggarakan program pendidikan yang bertujuan
mengembangkan potensi anak secara optimal berkembang sesuai tahap-tahap perkembangannya. Anak
usia paud (usia 4-6) tahun sangat senang bermain, kita sebagai guru dan orang
tua diharapkan mampu untuk memfasilitasi anak dengan berbagai kegiatan
permaianan yang dapat menumbuhkan daya kreatifitas dan bisa memenuhi kesenangan
atau kebutuhan anak tersebut dengan melakukan sebuh perocobaan dengan
menggunakan tekanan suhu panas dan tekanan udara yang dapat dipergunakan berbagai macam uji
coba dan mudah kita dapatkan
dilingkungaan disekitar kita.
Anak-anak PAUD (usia 4-6 tahun) senang bermain karena dunia anak
usia ini adalah dunia bermain. Oleh karena itu guru PAUD harus dapat
memfasilitasi anak dengan berbagai kegiatan permainan yang baru, aman dan
menyenangkan.
Adapun Pengertian permainan sains yang dimaksud dalam model ini adalah
suatu kegiatan pembelajaran atau pengenalan sains yang disesuaikan dengan
karakteristik anak usia dini, dimana proses penyampaiannya dilakukan
berdasarkan prinsip-prinsip bermain (sebagai salah satu jenis dari konsep
bermain). Prinsip-prinsip bermain tersebut diantaranya: sesuai dengan tahapan
perkembangan anak, berorientasi pada kebutuhan anak, bermain sambil belajar,
bersifat aktif, kreatif, inovatif, efektif, dan menyenangkan. Tujuan dari
permainan sains ini adalah untuk memberikan pengenalan sains kepada anak dalam
tarap sederhana.
Sains pada dasarnya mencari hubungan kausal antara gejala-gejala alam
yang diamati (observasi). Oleh karena itu, proses pembelajaran sains seharusnya
mengembangkan kemampuan bernalar dan berpikir sistematis selain kemampuan
deklaratif yang selama ini dikembangkan. Salah satu inovasi sebagai salah satu
usaha adalah mencari model-model pembelajaran sains yang memiliki kontribusi
terhadap peningkatan mutu pendidikan sains. (Imam chourmain, 2011)
Kami membuat ekperimen sains ”Aquarium Circle” yang di susun
sedemikian rupa hingga dapat digunakan sebagai alat uji coba tentang pemanfaatan suhu panas dan tekanan
udara dalam kegiatan pembelajaran, adapun yang dibutuhkan dalam kegiatan ini antara lain
: Mika Berbagai Warna, Kawat, Lampu, Kipas, Esbes Bekas, Cat Berbagai Warna,
Kuas. Semua bahan dan alat ini terdapat disekitar kita.
Gerakan
Aquarium Circle terjadi karena adanya tekanan
suhu panas dan tekanan udara, Aquarium Circle
adalah Aquarium yang memanfaatkan udara panas untuk menggerakkan
Aquarium Circle. Dalam Aquarium terjadi tekanan suhu panas serta tekanan udara
. Proses pemanasan dilakukan dengan lampu sehingga udara dalam aquarium menjadi
panas dan menekan Keluar , dan menggerakkan aquarium.
B.
Tujuan.
Berdasarkan
Permen no. 58 tahun 2009, Pembelajaran sains bagi Anak Usia Dini dimulai pada
tingkat pencapaian perkembangan anak Usia 3-4 tahun dan dapat dikembangkan
secara maksimal pada usia 5-6 tahun. Permainan sains untuk anak usia dini difokuskan
pada pembelajaran mengenai diri sendiri, alam sekitar dan gejala alam
v Eksperimen
Sains ini bertujuan untuk :
1.
Meningkatkan kreatifitas Pendidik
2.
Mengenalkan Sains
3.
Membantu
pemahaman anak tentang konsep sains dan keterkaitannya dengan kehidupan sehari-hari,
4.
Membantu
menumbuhkan minat pada anak usia dini untuk mengenal dan mempelajari
benda-benda serta kejadian sekitarnya
5.
Membantu anak
agar mampu menerapkan berbagai konsep sains untuk menjelaskan gejala-gejala
akan alam dan memecahkan masalah dalam kehidupan.
C.
Manfaat.
1.
Mengembangkan potensi anak berfikir kreatif
2.
Mengembangkan mengembangkan kreatifitas anak didik untuk berani
melakukan percoban
3.
Mengembangkan pembelajaran yang menyenangkan
D.
Bahan yang diperlukan
Bahan dan Harga yang digunakan, antara lain :
Bambu, Kaleng Bekas,esbes gelombang bekas, Mika
Berbagai Warna, Kawat, Lampu, Kipas, Esbes Bekas, Cat Berbagai Warna, Kuas. Lampu,, Lem
Alteko, Lem Bakar Semua bahan dan alat ini terdapat disekitar kita.
E.
Alat Yang
Dipelukan
v Alat yang digunakan
:
-
Gunting
-
Kuas
-
Tang
-
Gergaji
-
Amplas
-
Kawat
BAB II
CARA PEMBUATAN DAN CARA UJI COBA
A.
CARA PEMBUATAN.
|
|
1.
Potong Bambu Ukuran 15 Cm Yang Berdiameter 10 Cm Dan 5 Cm
2.
Lubangi Bambu Dengan Bur Manual
|
|
|
3.
Potongan 2 buah kawat
Kawat Panjang 40 Cm
4.
Lalu masukkan Keluang
bambu
|
|
|
5.
Potongan mika dan di
gambari Beberapa Tema Dalam Pembelajaran
6.
Dan jarum penyangga
7.
Tambah kan baling baling
sebaga tempat keluar udara panas yang dapat menggerakkan lingkaran gamabra
tema
|
|
|
8.
Buat lingkaran dari esbes
dan Buat Lingkaran Mika Ukuran Lebih Besar
9. Siapkan Kaleng Kue bekas sebagai
penyangga
|
|
|
10. Masukkan Lampu di tengah lingkaran mika dan tiang sebagai penyanga mika
yang sudah diberi gambar berbagai tema pembelajaran
|
|
|
11. Jadilah Aquarium Circle dengan kekuatan penggerak tenaga suhu panas dan tekanan udara
12. Dan siap di uji cobakan
13. Dan bias untuk alat pembelajaran universal seluruh tema dan
seluruh bidang pengembangan dalam
pembelajaran
|
|
|
|
Selamat Mencoba
|
B.
CARA MELAKUKAN PERCOBAAN
v Percobaan 1 :
|
|
1.
Nyalakan Lampu, tunggu kurang lebih Dua Menit, maka lingkaran
mika bergambar bagian dalam akan berputar . hal ini terjadi karena tekanan
suhu panas dan tekanan udara.
2.
Dan akibat dari pembiasan cahaya yang mantul pada
esbes gelombang, akan tampak gambar bergelombang bergerak seperti dalam
laut/aquarium sungguhan.
3.
Hal inilah yang menakjubkan bagi alat pembelajaran
yang menyenangkan bagi anak.karena gambar bisa diganti-ganti sesuai kebutuhan
tema dan bidang pengembangan, dan juga
anak bisa suruh gambar dikertas tipis dan menempelkan pada mika
tersebut.
|
|
|
Keterangan :
Gambar bisa diperluas sesuai
kebutuhan anak dalam pembelajaran
contoh: bila tema binatang digambari mika dengan gambar binatang, bila
tanaman di gambari tanamna, bila diri sendiri digambari anggota tubuh, bila
rumah bisa digambari rumah,dan bila ingin belajar membaca bisa digambari
huruf- huruf abjad dan hruf hijaiyah, bila ingin belajar berhitung bisa
digambari angka-angka. Dan lain sebagainya
|
|
|
Selamat Mencoba…Semoga bermanfaat untuk
pembelajaran sains. Dan pembelajaran secara universal….
|
C.
Aspek yang di Kembangkan
v
Kognitif :
v
Bahasa
v
Motorik Halus
v
Penddikan Agama Islam(PAI)
v
Sosial emosional
Catatan: Gambar Yang ada pada mika bisa diubah
sesuai dengan bidang pengembangan atau sesuai dengan tema
D. Aquarium Circle ini Bisa juga masuk di semua tema
tinggal mengganti dan membuat gambar sesuai dengan tema
Tema Semester 1
1
|
Diri Sendiri AL-KHALIQ (Sang Pencipta)
|
|
|
1. Aku Anak Muslim
|
|
|
|
2. Panca Indra
|
2
|
Lingkunganku AR-RAHMAN (Yang Maha Pengasih)
|
|
|
|
1. Keluargaku
|
|
|
2. Rumah
|
|
|
3. Sekolah
|
3
|
Kebutuhanku AL-MUQIITU (Sang
Pemberi Kecukupan)
|
|
|
|
1. Makan dan minum
|
|
|
2. Pakaian
|
|
|
3. Kebersihan,kesehatan dan
keamanan
|
4
|
Binatang AL-MUHYI (Sang pemberi
Kehidupan)
|
|
|
|
1. Jenis- Jenis Binatang
|
|
|
2. Makanan Binatang
|
|
|
3. Perkembangbiakan Binatang
|
5
|
Tanaman AL-HAFIDHU
(Sang Maha Pemelihara)
|
|
|
|
1. Macam- Macam Tanaman
|
|
|
2. Fugsi Tanaman
|
|
|
3. Proses Pertumbuhan Tanaman
|
Catatan: Gambar Yang ada pada mika bisa diubah
sesuai dengan bidang pengembangan atau sesuai dengan tema
Tema Semester II
NO
|
SUB TEMA
|
1
|
Rekreasi AL-HAMIDU (Yang Maha Terpuji)
|
|
1. Kendaraan dan Tempat Rekreasi
|
|
2. Pesisir
|
|
3. Pegunungan
|
2
|
Pekerjaan AR-RAZAQU (Sang Pemberi rezki)
|
|
1.
Macam /
Tugas Pekerjaan
|
|
2.
Tempat
Bekerja
|
|
3.
Alat
Perlengkapan Pekerjaan
|
3
|
Air, Udara, dan Api AN-NAFI’U (Sang Pemberi Manfaat)
|
|
1.
Kegunaan
Air, Udara, Api
|
|
2.
Bahaya
Air, Udara, Api
|
4
|
Alat Komunikasi AS-SAMI’U (Yang Maha Mendengar)
|
|
1.
Macam-macam
Alat Komunikasi
|
|
2.
Macam-macam
Benda Pos
|
5
|
Tanah Airku MALIKUL-MULKI (Sang Pemilik Semua
Kerajaan)
|
|
1.
Negaraku
|
|
2.
Kehidupan
di Desa
|
|
3.
Kehidupan
di Kota
|
6
|
Alam Semesta AL-MUTAKABBIRU (Sang Pemilik Kebesaran
|
|
1.
Matahari,
Bulan, Bintang
|
|
2.
Bumi,
Langit
|
|
3.
Gejala
Alam
|
Catatan: Gambar Yang ada pada mika bisa diubah
sesuai dengan bidang pengembangan atau sesuai dengan tema
BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Eksperimen sains Aquarium Circle ini dapat digunakan sebagai uji coba tekanan ushu panas
dan tekanan udara, dan juga secara universal dan juga alat penemuan sain ini
bias mencaver semua bidang pengembangan dan semua tema.,dan guru dituntut untuk kreatif dalam menyajikan eksperimen sains ini
untuk mencapai hasil yang optimal
Penemuan Sains ini terbuat dari Kami membuat ekperimen sains ”Aquarium Circle” yang di susun
sedemikian rupa hingga dapat digunakan sebagai alat uji coba tentang pemanfaatan suhu panas dan tekanan
udara dalam kegiatan pembelajaran..
Gerakan
Aquarium Circle terjadi karena adanya
tekanan suhu panas dan tekanan udara, Aquarium Circle adalah Aquarium yang memanfaatkan udara panas
untuk menggerakkan Aquarium Circle. Dalam Aquarium terjadi tekanan suhu panas
serta tekanan udara . Proses pemanasan dilakukan dengan lampu sehingga udara
dalam aquarium menjadi panas dan menekan Keluar , dan menggerakkan aquarium.
Sebagai guru kita harus mampu membuat sebuah pembelajaran sain yang
baru, yang aman dan menyenangkan. Alat
pembelajaran ini kami ciptakan bertujuan untuk memberikan pembelajaran dengan
inovasi baru yang unik dan kreatif. Sesuai dengan prinsip pembelajaran di RA “ BELAJAR SAMBIL BERMAIN ”.
B. SARAN
Sebagai guru kita harus mampu membuat sebuah pembelajaran sain yang
baru, yang aman dan penemuan sain ini kami temu bertujuan untuk
memberikan pembelajaran dengan inovasi baru yang unik dan kreatif. Sesuai
dengan prinsip pembelajaran di RA “ BELAJAR
SAMBIL BERMAIN ”.
Mudah mudahan eksperimen ini dapat menambah wawasan dan
bermafaat....amin. dan juga Semoga penemuan
sain ini bermanfaat bagi penemu “AQUARIUM
CIRCLE (Aquarium Pintar Bertenaga Tekanan Udara Dan Suhu Panas) ”
khususnya dan bagi guru-guru ra pada umumnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar