STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM
1.
Struktur
Kurikulum
Struktur
Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini merupakan pengorganisasian muatan
kurikulum, kompetensi inti (KI), kompetensi dasar (KD), dan lama belajar.
2.
Muatan Kurikulum
Muatan
kurikulum berisi program-program pengembangan, yang terdiri dari: (1) program
pengembangan nilai agama dan moral, (2) program pengembangan fisik motorik, (3)
program pengembangan kognitif, (4) program pengembangan bahasa, (5) program
pengembangan sosial-emosional, dan (6) program pengembangan seni. Program
pengembangan dimaksud adalah perwujudan suasana belajar untuk berkembangnya perilaku,
kematangan berpikir, kinestetik, bahasa, sosial emosional, dan bahasa melalui
kegiatan bermain. Suasana belajar diartikan segala sesuatu yang dapat mendorong
minat anak untuk belajar. Anak dapat belajar dengan baik apabila :
1) Orang-orang
yang ada di sekitarnya menyenangkan. Guru yang ramah, memperlakukan semua anak
secara adil, teman bermain yang saling menerima, komunikasi yang hangat,
terbuka, santun, dan terjadi dua arah.
2) Lingkungannya
menyenangkan. Tersedia alat main yang memadai, bersih, tertata dengan tepat
sesuai dengan pertumbuhan fisik anak, dan dapat digunakan oleh anak sesuai
dengan pikirannya. Luas tempat di dalam dan di luar cukup untuk anak dapat
melakukan kegiatan dengan nyaman adalah pijakan lingkungan yang sangat
mendukung kebebasan anak berkreasi.
3) Proses
pembelajaran yang mendukung kebebasan berpikir, tanpa tekanan, sedikit
instruksi dan pembatasan dari guru. Guru memberi respon yang tepat saat anak
bertanya, memberikan penguatan disaat anak menemukan sesuatu/berhasil melakukan
sesuatu, memberikan bantuan saat anak memerlukan. Terkait dengan pemaparan
tersebut :
a.
Program
pengembangan nilai agama berarti ada guru yang menjadi teladan bagi pengembangan perilaku yang
bersumber dari nilai agama dan moral. Ditunjang dengan lingkungan belajar yang
mencerminkan penerapan nilai agama dan moral serta nilai-nilai lain yang
berkembang dalam masyarakat. Dilaksanakan dalam proses belajar yang
menyenangkan.
b.
Program
pengembangan fisik-motorik berarti ada guru yang mengerti kebutuhan dan
memberikan kesempatan serta dukungan kepada anak untuk bergerak, berlatih
motorik kasar dan halus, serta membiasakan menerapkan hidup sehat. Tersedia
tempat alat dan waktu yang dapat digunakan anak untuk berlatih kekuatan,
kecakapan, kelenturan, koordinasi tubuhnya untuk mencapai kematangan kinestetik
dan pembiasaan hidup sehat. Dilaksanakan dalam proses belajar yang
menyenangkan.
c.
Program
pengembangan kognitif berarti ada guru yang mengerti konsep pengetahuan
mendasar yang dapat dipelajari anak, memahami cara anak belajar, dan mendukung
anak untuk, mencari tahu dan melakukan/mencoba untuk mencari jawaban dari
keingintahuannya. Mengoptimalkan setiap ruang, alat bahan dan kejadian yang ada
di lingkungan untuk mendoron kematangan proses berpikir anak. Dilaksanakan
proses dalam belajar saintifik yang mendorong anak menjadi kritis, analitis,
evaluasi dalam setiap tindakan untuk menghasilkan cara mengatasi
permasalahannya atau berkreasi.
d.
Program
pengembangan bahasa berarti ada guru yang menguasai teknik berkomunikasi yang
tepat untuk membantu mencapai kematangan bahasa ekspresif dan reseptif.
Tersedia tempat sumber, alat dan waktu yang dapat digunakan anak untuk berlatih
berbahasa dan mengenal keaksaraan awal. Dilaksanakan dalam proses belajar yang
menyenangkan.
e.
Program pengembangan
sosial-emosional berarti ada guru yang memahami tahapan perkembangan
sosial-emosional anak, mendukung berkembangnnya kesadaran mengenal perasaan
diri, perasaan orang lain, menjadi contoh berprilaku pro-sosial bagi anak.
Terciptanya lingkungan belajar yang membuat anak dapat tumbuh kematangan
sosial-emosional melalui proses belajar yang menyenangkan dengan dukungan
pendidik.
f.
Program
pengembangan seni berarti ada guru yang memahami pengembangan seni bagi anak,
memberi kesempatan, menyediakan tempat, waktu dan alat yang dapat digunakan
anak untuk bereksplorasi, berekspresi
dan mengapresiasi hasil karya dirinya dan orang lain baik dalam bentuk gerakan,
musik, drama dan beragam bidang seni lainnya (seni lukis, seni rupa, kerajinan
dalam suasana yang menyenangkan).
3.
Kompetensi Inti
(KI)
Kemampuan
yang diharapkan dicapai anak setelah mengikuti proses pembelajaran yang
dirancang melalui kurikulum disebut kompetensi. Kompetensi dalam kurikulum PAUD
mengacu pada perkembangan anak. Kompetensi Inti PAUD merupakan gambaran
pencapaian Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak pada akhir layanan PAUD
di usia 6 (enam) tahun.
Secara
terstruktur kompetensi inti dimaksud mencakup:
1.
Kompetensi
Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual.
2.
Kompetensi
Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial.
3.
Kompetensi
Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan.
4.
Kompetensi
Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan
KI-1 mencerminkan kecerdasan
spiritual sebagai sikap kesadaran mengenal agama yang dianutnya. KI-2
mencerminkan kecerdasan sosial-emosional sebagai sikap dan perilaku yang
mengenal perasaan diri, orang lain, dan nilai-nilai sosial yang sesuai dengan
norma serta budaya yang berlaku. KI-3 mencerminkan kecerdasan logika
matematika, bahasa, natural, dan seni. KI-4 mencerminkan kemampuan praktis yang
diharapkan dikuasai anak dalam bentuk hasil karya, gagasan, dan motorik
Kompetensi Inti sebagai dasar untuk pengembangan Kompetensi Dasar.
Adapun Uraian dari setiap Kompetensi Dasar untuk
setiap kompetensi inti adalah sebagai berikut.
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
KI-1. Menerima ajaran agama yang dianutnya
|
1.1.
Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaan-Nya
|
|
1.2.
Menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa
syukur kepada Tuhan
|
||
KI-2.
Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya
diri, disiplin, mandiri, peduli, mampu bekerjasama, mampu menyesuaikan diri,
jujur, dan santun dalam berinteraksi dengan keluarga, pendidik dan/atau
pengasuh, dan teman
|
2.1.
Memiliki perilaku yang mencerminkan hidup sehat
|
|
2.2.
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin
tahu
|
||
2.3.
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap
kreatif
|
||
2.4.
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap
estetis
|
||
2.5.
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap
percaya diri
|
||
2.6.
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap taat
terhadap aturan sehari-hari untuk melatih kedisiplinan
|
||
2.7.
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sabar
(mau menunggu giliran, mau mendengar ketika orang lain berbicara) untuk
melatih kedisiplinan
|
||
2.8.
Memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian
|
||
2.9.
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap
peduli dan mau membantu jika diminta bantuannya
|
||
2.10. Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap kerjasama
|
||
2.11.
Memiliki perilaku yang dapat menyesuaikan diri
|
||
2.12. Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap jujur
|
||
2.13.
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap
santun kepada orang tua, pendidik dan/atau pengasuh, dan teman
|
||
KI-3.
Mengenali diri, keluarga, teman, pendidik dan/atau pengasuh, lingkungan sekitar, teknologi,
seni, dan budaya di rumah, tempat
bermain dan satuan PAUDdengan cara: mengamati dengan indra
(melihat, mendengar, menghidu, merasa, meraba); menanya; mengumpulkan
informasi; mengolah informasi/ mengasosiasikan, dan mengkomunikasi-kan
melalui kegiatan bermain
|
3.1.
Mengenal kegiatan
beribadah sehari-hari
|
|
3.2.
Mengenal
perilaku baik sebagai cerminan akhlak mulia
|
||
3.3.
Mengenal
anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan
motorik halus
|
||
3.4.
Mengetahui
cara hidup sehat
|
||
3.5.
Mengetahui
cara memecahkan masalah sehari-hari dan berperilaku kreatif
|
||
3.6.
Mengenal benda
-benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara,
tekstur, fungsi, dan ciri-ciri
lainnya)
|
||
3.7.
Mengenal
lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi)
|
||
3.8.
Mengenal
lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
|
||
3.9.
Mengenal
teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan
pertukangan, dll)
|
||
3.10. Memahami bahasa
reseptif (menyimak dan membaca)
|
||
3.11. Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa
secara verbal dan non verbal)
|
||
3.12. Mengenal keaksaraan awal melalui bermain
|
||
3.13. Mengenal emosi diri dan orang lain
|
||
3.14. Mengenali kebutuhan, keinginan, dan minat diri
|
||
3.15. Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni
|
||
KI-4.
Menunjukkan yang diketahui, dirasakan, dibutuhkan, dan dipikirkan melalui
bahasa, musik, gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta
mencerminkan perilaku anak berakhlak mulia
|
4.1.
Melakukan
kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
|
|
4.2.
Menunjukkan
perilaku santun sebagai cerminan akhlak mulia
|
||
4.3.
Menggunakan
anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus
|
||
4.4.
Mampu menolong
diri sendiri untuk hidup sehat
|
||
4.5.
Menyelesaikan
masalah sehari-hari secara kreatif
|
||
4.6.
Menyampaikan
tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna,
bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,
fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
|
||
4.7.
Menyajikan
berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll
tentang lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah,
budaya, transportasi)
|
||
4.8.
Menyajikan
berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll
tentang lingkungan alam (hewan,
tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
|
||
4.9.
Menggunakan
teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan
pertukangan, dll) untuk menyelesaikan tugas dan kegiatannya
|
||
4.10. Menunjukkan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak
dan membaca)
|
||
4.11. Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif
(mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
|
||
4.12. Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal dalam
berbagai bentuk karya
|
||
4.13. Menunjukkan reaksi emosi diri secara wajar
|
||
4.14. Mengungkapkan kebutuhan, keinginan dan minat diri
dengan cara yang tepat
|
||
4.15. Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan
menggunakan berbagai media
|
4. Kompetensi
Dasar (KD)
Kompetensi Dasar
pada Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini merupakan tingkat kemampuan dalam
konteks muatan pembelajaran tema pembelajaran, dan pengalaman belajar yang
mengacu pada Kompetensi Inti. Kompetensi Dasar dikembangkan dengan memerhatikan
karakteristik, kemampuan awal anak.
Kompetensi Dasar
dibagi menjadi empat kelompok sesuai dengan pengelompokan Kompetensi Inti
sebagai berikut :
1.
Kompetensi Dasar
Sikap Spiritual (KD-1) dalam rangka menjabarkan KI-1
2.
Kompetensi Dasar
Sikap Sosial (KD-2) dalam rangka menjabarkan KI-2
3.
Kompetensi Dasar
Pengetahuan (KD-3) dalam rangka menjabarkan KI-3
4.
Kompetensi Dasar
Keterampilan (KD-4) dalam rangka menjabarkan KI-4)
v Kompetensi Inti, Dasar Dan Indikator
PROG. PENGEMBANGAN
|
KD DAN INDIKATOR
|
1.
Nilai Agama Dan Moral
|
1.1.Pengenalan Tuhan melaiui ciptaan
Nya
|
v
Terbiasi menyebut nama Tuhan sebagai pencipta
v
Terbiasa mengucapkan kalimat pujian terhadap ciptaan Tuhan
|
|
1.2.Manghargai diri sendiri orang lain dan
Singkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan
|
|
v
Menghormati (toleransi) Agama oranglain
v
Terbiasa mengucap rasa syukur terhadap ciptaan Tuhan
v
Terbiasa menjaga kebersihan diri dan lingkungan
|
|
2.13.
Merniliki perilaku yang mencerminkan sikap jujur
|
|
v Terbiasa
tidak berbohong
v Terbiasa
menghargai kepemilikan orang lain
v Terbiasa
mengembaikan benda yang bukan haknya
|
|
3.1
Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari
|
|
4.1
Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntutan orang Dewasa
|
|
v Menggunakan
doa-doa sehari-hari, melakukan ibadah sesuai dengan agamanya (misal: doa
sebelum memulai dan seiesai kegiatan)
v Berperilaku
sesuai dengan ajaran agama yang dianutnya (misal: tidak bohong, tidak
berkelahi)
v Menyebutkan
hari-hari besar agama, tempat ibadah, tokoh keagamaan (misal: nabi-nabi)
v Menyebutkan
tempat ibadah agama Iain
v Menceritakan
kembals tokoh-tokoh keagamaan (misal: nabi-nabi)
|
|
3.2
Mengenal perilaku baik dan santun sebagai cerminan akhlak mulia
4.2
Menunjukkan perilaku santun sebagai cerminan akhlak mulia
|
|
v
Berperilaku sopan dan peduli melalui perkataan dan
perbuatannya secara spontan sesuai dengan agama dan budaya
|
|
2.
Fisik Motorik
|
2.1 Memiliki
perilaku yang mencerminkan hidup sehat
|
v
Terbiasa makan makanan bergizi seimbang
v
Terbiasa memelihara kebersihan diri dan lingkungan
|
|
3.3
Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik
kasar dan motorik halus
4.3
Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus
|
|
v
Mengenal anggota tubuh dan fungsinya
v
Melakukan berbagai gerakan terkoordinasi secara
terkontrol, seimbang, dan lincah -
Melakukan gerakan mata, tangan, kaki, kepala secara terkoordinasi
dalam menirukan berbagai gerakan yang teratur (misal: senam dan tarian)Melakukan
permainan fisik dengan aturan
v
Terampil menggunakan tangan kanan dan kiri dalam berbagai
aktivitas (misal: mengancingkan baju,
menali sepatu, menggambar, menempel, menggunting pola, meniru beptuk,
menggunakan alat makan)
|
|
3.4
Mengetahui cara hidup sehat
4.4 Mampu
menolong diri sendiri untuk hidup sehat
|
|
v
Melakukan kebiasaan hidup bersih dan sehat (misal: mandi
2x sehari; memakai baju bersih; membuang sampah pada tempatnya, menutup
hidung dan mulut ketika batuk dan bersin, membersihkan dan membereskan tempat
bermain)
v
Mampu melindungi diri dari percobaan kekerasan, termasuk
kekerasan seksual dan bullying (misal
dengan berteriak dan/atau berlari)
v
Mampu menjaga keamanan diri dari benda-benda berbahaya
(misal: listrik, pisau, pembasmi serangga, kendaraan di jalan raya)
|
|
v Menggunakan
toilet dengan benar tanpa bantuan
v Mengenal
kebiasaan buruk bagi kesehatan (makan permen, jajan sembarang tempat)
|
|
3.
Kognitif
|
2.2
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu
|
v
Terbiasa menunjukkan aktivitas yang bersifat eksploratif
dan menyelidik (seperti: aktif bertanya, mencoba atau melakukan sesuatu untuk
mendapatkan jawaban)
|
|
2.3
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kreatif
|
|
v
Kreatif dalam menyelesaikan masalah menggunakan ide,
gagasan di luar kebiasaan atau cara yang tidak biasa atau dengan menerapkan
pengetahuan atau pengalaman baru
v
Menunjukkan inisiatif dalam memilih permainan (seperti:
"ayo kita bermain pura-pura seperti burung")
|
|
3.5. Mengetahui dan mampu cara
memecahkan masalah sehari-hari dan berperilaku kreatif
4.5. Menyelesaikan masalah
sehari-hari secara kreatif
|
|
v
Mengerti masalah sederhana yang dihadapi
v
Menyelesaikan tugas meskipun menghadapi kesulitan
v
Menyusun perencanaan kegiatan yang akan dilakukan
|
|
3.6.
Mengenal benda-benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat,
suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya)
4.6.
Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya
(nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan
ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
|
|
v
Mengenal benda dengan mengelompokkan berbagai benda di
lingkungannya berdasarkan ukuran, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan
ciri-ciri lainnya
v
Mengenal benda dengan menghubungkan satu benda dengan
benda yang lain
v
Menghubungkan atau menjodohkan nama benda dengan tulisan
sederhana melalui berbagai aktivitas
v
Mengenal konsep besar-kecil, banyak-sedikit,
panjang-pendek, berat-ringan,tinggi- rendah dengan mengukur menggunakanalat
ukur tidak baku
v
Membuat pola ABCD-ABCD
v
Mampu mengurutkan lima seriasi atau lebih berdasarkan
warna, bentuk, ukuran, atau jumlah.
v
Mengenal perbedaan berdasarkan ukuran: "lebih
dari"; "kurang dari"; dan "paling/ter"
v
Mengklasifikasikan benda berdasarkan 3 variabel warna,
bentuk, dan ukuran
v
Menyebutkan lambang bilangan 1-10
v
Menggunakan lambang bilangan untuk menghitung
v
Mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan
|
|
3.7.
Mengenal lingkungan sosial (keiuarga, tertian, tempat Kinggal, tempat
ibadah, budaya, transportasi)
4.7
Menyajikan berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh,
dll tentang lingkungan sosial
(keiuarga, teman, tempat tinggal, tempat Ibadah, budaya, transportasi)
|
|
v
Menyebutkan nama anggota keluarga dan teman serta
ciri-ciri khusus mereka secara lebih rinci (warna kulit, warna rambut, jenis
rambut, dll)
v
Menjelaskan lingkungan sekitarnya secara sederhana
v
Menyebutkan arah ke tempat yang sering dikunjungi dan alat transportasi yang digunakan
v
Menyebutkan peran-peran dan pekerjaan termasuk didalamnya
perlengkapan/atribut dan tugas-tugas yang dilakukan dalam pekerjaan tersebut
v
Membuat dan mengikuti aturan
|
|
3.8.
Mengenal lingkungan alam, hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan,
dll)
4.8. Menyajikan berbagai
karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll tentang
lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
|
|
v
Mengetahui hubungan dirinya dengan alam
v
Mengenal konsep sain dalam kehidupan sehari-hari
v
Melakukan berbagai percobaan sederhana bersifat sain
v
Mengenal sebab-akibat tentang lingkungannya (angin bertiup
rnenyebabkan daun bergerak, air dapat rnenyebabkan sesuatu menjadi basah)
|
|
3.9.
Mengenal dan menggunakan teknoiogi sederhana (peralatan rumah tangga,
Peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll)
4.9.
Menggunakan teknoiogi sederhana (Peralatan rumah tangga.peraiatan bermain,
peralatan pertokangan, dll) untuk menyelesaikan tugas dan kegiatan.
|
|
v
Melakukan kegiatan dengan menggunakan alat teknologi
sederhana sesuai fungsinya secara aman dan bertanggung jawab.
v
Membuat alat-alat teknologi sederhana (misal:
baling-baling)
v
Melakukan proses kerja sesuai dengan prosedurnya (misal:
membuat teh di mulai dari menyediakan air panas)
|
|
4.
Bahasa
|
2.14
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap santun kepada orangtua, pendidik,
dan teman
|
v Terbiasa
ramah menyapa siapapun dengan lembut dan santun
|
|
3.10
memahami bahasa reseptif (menyimak dan membaea)
4.10
Menunjukkan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca)
|
|
v Menceritakan
kembali apa yang didengar dengan kosakata yang lebih banyak
v Melaksanakan
perintah yang lebih kompleks sesuai dengan aturan yangdisampaikan
v Mengulang
kalimat yang lebih kompleks
v Memahami
informasi yang didengarnya (misal tata tertib, aturan permainan)
|
|
3.11
Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbaldan non verbal)
4.11
Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkanbahasa secara verbal
dan non verbal)
|
|
v
Mengungkapkan kesnginan, perasa an, dan pendapat dengan
kalimat sederhana dalam berkomunikasi dengan anak atau orang dewasa
v
Senang membaca buku-buku bergambar
v
Mengungkapkan perasaan, ide dengan psiihan kata yang
sesuai ketikaberkomunikasi
v
Menjawab pertanyaan yang lebih kompleks
v
Menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi yang sama
v
Membuat cerita dengan merangkaikan gambar berseri
|
|
3.12
Mengenal keaksaraan awal melalui bermain
4.12
Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk Karya
|
|
v Menunjukkan
bentuk-bentuk simbol (pra menulis)
v Mengenal
suara huruf awal
v Menyebutkan
lambang lambang huruf sesuai suara/bunyi
v Menulis
huruf-huruf dari namanya sendiri
v Menyebutkan
kelompok gambar yang memiliki bunyi/huruf awal yang sama.
v Mengenal
arti kata dari gabungan beberapa huruf konsonan dan vocal
v Membaea
nama sendiri
v Mengenal
perubahan bunyi dan arti berdasarkan perubahan huruf dan posisi huruf
v Menuliskan
cerita sendiri berdasarkan hasil karya yang dibuatnya
v Menyebutkan
angka bila diperlihatkan lambang bilangan nya (Mengucapkanbunyi lambang
bilangan)
|
|
5.
Sosial
|
2.5
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap percaya diri
|
v
Terbiasa menyapa guru saat penyambutan
v
Berani tambil didepan teman, guru, orang tua dan lingkungan.dan
sosial lainnya
v
Berani mengemukakan pendapat
v
Berani menyampaikan keinginan
v
Berkomunikasi dengan orang yang belum dikenal sebelumnya
dengan pengawasan guru
v
Bangga menunjukkan hasil karya
v
Senang ikut serta dalam kegiatan bersama
v
Tidak berpengaruh penilaan oranng tentang dirinya
|
|
2.6
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari
untuk melatih kedisiplinan
|
|
v Tau akan
haknya
v Mentaati
aturan kelas ( kegiatan, aturan)
v Mengatur
diri sendiri
|
|
2.7
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sabar
|
|
v Kesediaan
diri untuk menahan diri
|
|
v Bersikap
tenang tidak lekas marah dan dapat menunda keinginan
|
|
v Sikap
mau menunggu giliran , mau mendengarkan ketika orang lain bicara
|
|
v Tidak
menangis saat berpisah dengan orang tuanya
|
|
v Tidak
mudah mengeluh
|
|
v Tidak
tergesa-gesa
|
|
v Selalu
menyesaikan gagasan-gagasannya hingga tuntas
|
|
v Berusaha
tidak menyakiti atau membalas kekerasan
|
|
2.8
Memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian
|
|
v Terbiasa
tidak bergantung pada orang lain
|
|
v Terbiasa
mengambil keputusan secara mandiri
|
|
v Merencanakan,
memilih, memiliki inisiatif untuk belajar atau melakukan sesuatu tanpa harus
dibantu atau dibantu seperlunya
|
|
2.9
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap peduli mau membantu jika diminta
bantuan
|
|
v
Mengetahui perasaan temannya dan meresponn secara wajar
|
|
v
Berbagi dengan orang lain
|
|
v
Menghargai/hak/pendapat/karya orang lain
|
|
v
Terbiasa mengindahkan dan memperhatikan kondisi teman
|
|
v
Mau menemani teman melakukan kegiatan bersama
|
|
v
Senang menawarkan bantuan pada teman atau gurupeka untuk
membantu orang lain yang membutuhkan
|
|
v
Mampu menenangkan diri dan temannya dalam berbagai
situasai,
|
|
v
Senang menqajak temannya untuk berkomunikasi,beraksi
positif kepada semua temannya
|
|
2.10
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kerjasama
|
|
v
Bermain dengan teman sebaya
|
|
v
Menerima perbedaan teman dengan dirinya
|
|
v
Menghargai karya teman
|
|
v
Tidak ingin menang sendiri
|
|
v
Menghargai pendapat pendapat teman dan mendengarkan dengan
sabar pendapat teman
|
|
v
Senang berteman dengan semuanya
|
|
2.11
Memiliki perilaku yang dapat menyesuaikan diri
|
|
v
Memperlihatkan diri untuk menyesuaikan dengan situasi
|
|
v
Memperlihatkan kehati-hatian kepada orang yang belum
dikenal ( menumbuhkan kepercayaan kepada pada orang dewasa yang tepat)
|
|
v
Bersikap kooperatif dengan teman
|
|
v
Menggunakan cara yang diterima secara sosial dalam
menyelesaikan masalah (menggunakan pikiran untuk menyelesaikan masalah)
|
|
v
Tetap tenang saat ditempat yang baru dengan situasai baru
misahsaat bertemu, berada dipusat perbelanjaan, atau saat bertemu dengan guru
baru,
|
|
2.12
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap tanggung jawab
|
|
v Bertanggung
jawab atas perilaku untuk kebaikan diri sendiri
|
|
v Bersedia
untuk menerima konsekwensi atau menanggung akibat atas tindakan yang
diperbuat baik secara sengaja maupuntidak sengaja
|
|
v Mau
mengakui kesalahan dengan meminta maaf
|
|
v Merapihkan/
membereskan mainan pada tempat semula
|
|
v Mengerjakan
sesuatu hingga tuntas
|
|
v Senang
menjalankan kegiatan yang jadi tugasnya (misalnya piket sebagai pemimpin
harus membantu menyiapkan alat makan)
|
|
3.13
Mengenal emosi diri dan orang lain secara wajar
|
|
4.13
Menunjukkan reaksi emosi secara wajar
|
|
v
Mengenal perasaan sendiri dan orang lain
|
|
v
Mengelolanya secara wajar (mengendalikan diri secara
wajar)
|
|
v
Berprilaku yang membuat orang lain nyaman
|
|
v
Mengekspresikan emosi yang sesuai dengan kondisi yang ada
(senang-sedih-antusias dsb)
|
|
3.14
Mengenali kebutuhan, keinginan,dan minat diri
|
|
4.14
Mengungkapkan kebutuhan, keinginan, dan minat diri denqan cara yang tepat
|
|
v
Memilih kegiatan/ benda yang paling sesuai dengan yang
dibutuhkan dari beberapa pilihan yang ada
|
|
v
Mengungkapkan yang dirasakan (lapar ingin makan,
kedinginan, memerlikan baju hangat, perlu payung agar tidak keehujanan,
kepanasan, sakit perut perlu berobat)
|
|
v
Menggunakan sesuatu sesuai kebutuhan
|
|
6.
Seni
|
2.4
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap estetis
|
v
Menghargai keindahan diri sendiri, karya sendiri atau
orang lain, alam dan lingkungan sekitar
|
|
v
Menjaga kerapihan diri
|
|
v
Bertindak /berbuat yang mencerminkan sikap estetis
|
|
Merawat
kerapihan, kebersihan, dan keutuhan benda mainan atau milik pribadinya
|
|
3.15
Mengenal dan menghasilkan berbagai karya dan aktivitas seni
|
|
4.15
Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media
|
|
v
Membuat karya seni sesuai kreativitasnya misal seni musik,
visual, gerak, tari yang dihasilkannya dengan menggunakan alat yang sesuai
|
|
v
Menampilkan hasil karya seni baik dalam bentuk gambar
|
|
v
Menghargai hasil karya baik dalam bentuk gambar
|
v Lama Program
Pendidikan
Peserta didik RA Muslimat NU 007
Gandu I Mlarak Ponorogo adalah
usia 4 sampai 6 tahun. Lama pendidikan di RA Muslimat NU
007 Gandu I Mlarak Ponorogo
tahun atau 2 tahun sesuai dengan usia anak. RA Muslimat NU 007
Gandu I Mlarak Ponorogo yang memiliki
program 1 tahun dapat menyelenggarakan kelompok A dan kelompok B. Jika memilih
program 2 tahun, maka RA Muslimat NU 007 Gandu I Mlarak
Ponorogo tersebut
menyelenggarakan kelompok A dan kelompok B yang lamanya masing-masing 1 tahun
v Waktu Belajar
Program
Pendidikan dan pembelajaran di RA Muslimat NU 007 Gandu I Mlarak Ponorogo
menggunakan waktu belajar satu tahun dalam bentuk perencanaan semester,
perencanaan mingguan dan perencanaan mingguan efektif dalam satu tahun pelajaran
(2 semester) adalah 34 minggu, dengan jam belajar efektif adalah satu kali
pertemuan selama 150 – 180 menit. Enam atau lima hari per minggu, dengan jumlah
pertemuan sebanyak 900 menit (30 jam @ 30 menit).
v Pendekatan
Pembelajaran
Pembelajaran
di RA Muslimat NU 007 Gandu I Mlarak Ponorogo dilakukan secara aktif dialogis
dan kritis, melalui pendekatan tematik, terintegrasi,Saintifik serta mengacu pada karakteristik program
pembelajaran RA Muslimat NU 007 Gandu I Mlarak Ponorogo
v Rombongan
Belajar
Jumlah
maksimal peserta didik setiap rombongan belajar sebanyak 20 peserta didik
dengan satu orang guru RA Muslimat NU 007 Gandu I Mlarak Ponorogo atau guru
pendamping. Kelompok A untuk
anak usia 4 – 5 tahun dan kelompok B untuk anak usia 5 – 6 tahun. Kalender
pendidikan
Kegiatan
pembelajaran peserta didik di mulai minggu ketiga bulan Juli, minggu efektif
pembelajaran 34 minggu yang dipergunakan untuk kegiatan sehari-hari pertama
masuk sekolah, waktu pembelajaran efektif, pembelajaran anak seutuhnya. Sisa
minggu dalam satu tahun ajaran yang dipergunakan untuk hari libur nasional,
libur keagamaan, libur semester dll.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar