http://www.syahrudinpaudpo.com

Jumat, 02 Juni 2017

STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM



STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM

1.      Struktur Kurikulum
Struktur Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini merupakan pengorganisasian muatan kurikulum, kompetensi inti (KI), kompetensi dasar (KD), dan lama belajar.
2.      Muatan Kurikulum
Muatan kurikulum berisi program-program pengembangan, yang terdiri dari: (1) program pengembangan nilai agama dan moral, (2) program pengembangan fisik motorik, (3) program pengembangan kognitif, (4) program pengembangan bahasa, (5) program pengembangan sosial-emosional, dan (6) program pengembangan seni. Program pengembangan dimaksud adalah perwujudan suasana belajar untuk berkembangnya perilaku, kematangan berpikir, kinestetik, bahasa, sosial emosional, dan bahasa melalui kegiatan bermain. Suasana belajar diartikan segala sesuatu yang dapat mendorong minat anak untuk belajar. Anak dapat belajar dengan baik apabila :
1)      Orang-orang yang ada di sekitarnya menyenangkan. Guru yang ramah, memperlakukan semua anak secara adil, teman bermain yang saling menerima, komunikasi yang hangat, terbuka, santun, dan terjadi dua arah.
2)      Lingkungannya menyenangkan. Tersedia alat main yang memadai, bersih, tertata dengan tepat sesuai dengan pertumbuhan fisik anak, dan dapat digunakan oleh anak sesuai dengan pikirannya. Luas tempat di dalam dan di luar cukup untuk anak dapat melakukan kegiatan dengan nyaman adalah pijakan lingkungan yang sangat mendukung kebebasan anak berkreasi.
3)      Proses pembelajaran yang mendukung kebebasan berpikir, tanpa tekanan, sedikit instruksi dan pembatasan dari guru. Guru memberi respon yang tepat saat anak bertanya, memberikan penguatan disaat anak menemukan sesuatu/berhasil melakukan sesuatu, memberikan bantuan saat anak memerlukan. Terkait dengan pemaparan tersebut :
a.       Program pengembangan nilai agama berarti ada guru yang menjadi  teladan bagi pengembangan perilaku yang bersumber dari nilai agama dan moral. Ditunjang dengan lingkungan belajar yang mencerminkan penerapan nilai agama dan moral serta nilai-nilai lain yang berkembang dalam masyarakat. Dilaksanakan dalam proses belajar yang menyenangkan.
b.      Program pengembangan fisik-motorik berarti ada guru yang mengerti kebutuhan dan memberikan kesempatan serta dukungan kepada anak untuk bergerak, berlatih motorik kasar dan halus, serta membiasakan menerapkan hidup sehat. Tersedia tempat alat dan waktu yang dapat digunakan anak untuk berlatih kekuatan, kecakapan, kelenturan, koordinasi tubuhnya untuk mencapai kematangan kinestetik dan pembiasaan hidup sehat. Dilaksanakan dalam proses belajar yang menyenangkan.
c.       Program pengembangan kognitif berarti ada guru yang mengerti konsep pengetahuan mendasar yang dapat dipelajari anak, memahami cara anak belajar, dan mendukung anak untuk, mencari tahu dan melakukan/mencoba untuk mencari jawaban dari keingintahuannya. Mengoptimalkan setiap ruang, alat bahan dan kejadian yang ada di lingkungan untuk mendoron kematangan proses berpikir anak. Dilaksanakan proses dalam belajar saintifik yang mendorong anak menjadi kritis, analitis, evaluasi dalam setiap tindakan untuk menghasilkan cara mengatasi permasalahannya atau berkreasi.
d.      Program pengembangan bahasa berarti ada guru yang menguasai teknik berkomunikasi yang tepat untuk membantu mencapai kematangan bahasa ekspresif dan reseptif. Tersedia tempat sumber, alat dan waktu yang dapat digunakan anak untuk berlatih berbahasa dan mengenal keaksaraan awal. Dilaksanakan dalam proses belajar yang menyenangkan.
e.       Program pengembangan sosial-emosional berarti ada guru yang memahami tahapan perkembangan sosial-emosional anak, mendukung berkembangnnya kesadaran mengenal perasaan diri, perasaan orang lain, menjadi contoh berprilaku pro-sosial bagi anak. Terciptanya lingkungan belajar yang membuat anak dapat tumbuh kematangan sosial-emosional melalui proses belajar yang menyenangkan dengan dukungan pendidik.
f.       Program pengembangan seni berarti ada guru yang memahami pengembangan seni bagi anak, memberi kesempatan, menyediakan tempat, waktu dan alat yang dapat digunakan anak untuk bereksplorasi,  berekspresi dan mengapresiasi hasil karya dirinya dan orang lain baik dalam bentuk gerakan, musik, drama dan beragam bidang seni lainnya (seni lukis, seni rupa, kerajinan dalam suasana yang menyenangkan).
3.      Kompetensi Inti (KI)
Kemampuan yang diharapkan dicapai anak setelah mengikuti proses pembelajaran yang dirancang melalui kurikulum disebut kompetensi. Kompetensi dalam kurikulum PAUD mengacu pada perkembangan anak. Kompetensi Inti PAUD merupakan gambaran pencapaian Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak pada akhir layanan PAUD di usia 6 (enam) tahun.
Secara terstruktur kompetensi inti dimaksud mencakup:
1.         Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual.
2.         Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial.
3.         Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan.
4.         Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan

KI-1 mencerminkan kecerdasan spiritual sebagai sikap kesadaran mengenal agama yang dianutnya. KI-2 mencerminkan kecerdasan sosial-emosional sebagai sikap dan perilaku yang mengenal perasaan diri, orang lain, dan nilai-nilai sosial yang sesuai dengan norma serta budaya yang berlaku. KI-3 mencerminkan kecerdasan logika matematika, bahasa, natural, dan seni. KI-4 mencerminkan kemampuan praktis yang diharapkan dikuasai anak dalam bentuk hasil karya, gagasan, dan motorik Kompetensi Inti sebagai dasar untuk pengembangan Kompetensi Dasar.


Adapun Uraian dari setiap Kompetensi Dasar untuk setiap kompetensi inti adalah sebagai berikut.
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR


KI-1. Menerima ajaran agama yang dianutnya
1.1.          Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaan-Nya

1.2.          Menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan

KI-2. Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya diri, disiplin, mandiri, peduli, mampu bekerjasama, mampu menyesuaikan diri, jujur, dan santun dalam berinteraksi dengan keluarga, pendidik dan/atau pengasuh, dan teman
2.1.          Memiliki perilaku yang mencerminkan hidup sehat

2.2.          Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu

2.3.          Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kreatif

2.4.          Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap estetis

2.5.          Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap percaya diri

2.6.          Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk melatih kedisiplinan

2.7.          Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sabar (mau menunggu giliran, mau mendengar ketika orang lain berbicara) untuk melatih kedisiplinan

2.8.          Memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian

2.9.          Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap peduli dan mau membantu jika diminta bantuannya

2.10.       Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kerjasama

2.11.       Memiliki perilaku yang dapat menyesuaikan diri

2.12.       Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap jujur

2.13.       Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap santun kepada orang tua, pendidik dan/atau pengasuh, dan teman

KI-3. Mengenali diri, keluarga, teman, pendidik dan/atau pengasuh, lingkungan sekitar, teknologi, seni, dan budaya di rumah, tempat bermain dan satuan PAUDdengan cara: mengamati dengan indra (melihat, mendengar, menghidu, merasa, meraba); menanya; mengumpulkan informasi; mengolah informasi/ mengasosiasikan, dan mengkomunikasi-kan melalui kegiatan bermain
3.1.        Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari

3.2.        Mengenal perilaku baik sebagai cerminan akhlak mulia

3.3.        Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan motorik halus

3.4.        Mengetahui cara hidup sehat

3.5.        Mengetahui cara memecahkan masalah sehari-hari dan berperilaku kreatif

3.6.        Mengenal benda -benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,   fungsi, dan ciri-ciri lainnya)

3.7.        Mengenal lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah,  budaya, transportasi)

3.8.        Mengenal lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)

3.9.        Mengenal teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll)

3.10.    Memahami bahasa  reseptif (menyimak dan membaca)

3.11.    Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)

3.12.    Mengenal keaksaraan awal melalui  bermain

3.13.    Mengenal emosi diri dan orang lain

3.14.    Mengenali kebutuhan, keinginan, dan minat diri

3.15.    Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni

KI-4. Menunjukkan yang diketahui, dirasakan, dibutuhkan, dan dipikirkan melalui bahasa, musik, gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku anak berakhlak mulia
4.1.         Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa

4.2.         Menunjukkan perilaku santun sebagai cerminan akhlak mulia

4.3.         Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus

4.4.         Mampu menolong diri sendiri untuk hidup sehat

4.5.         Menyelesaikan masalah sehari-hari secara kreatif

4.6.         Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,   fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya

4.7.         Menyajikan berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll tentang lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi)

4.8.         Menyajikan berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll tentang  lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)

4.9.         Menggunakan teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll) untuk menyelesaikan tugas dan kegiatannya

4.10.     Menunjukkan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca)

4.11.     Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)

4.12.     Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya

4.13.     Menunjukkan reaksi emosi diri secara wajar

4.14.     Mengungkapkan kebutuhan, keinginan dan minat diri dengan cara yang tepat

4.15.     Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media


4.      Kompetensi Dasar (KD)
Kompetensi Dasar pada Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini merupakan tingkat kemampuan dalam konteks muatan pembelajaran tema pembelajaran, dan pengalaman belajar yang mengacu pada Kompetensi Inti. Kompetensi Dasar dikembangkan dengan memerhatikan karakteristik, kemampuan awal anak.
Kompetensi Dasar dibagi menjadi empat kelompok sesuai dengan pengelompokan Kompetensi Inti sebagai berikut :
1.      Kompetensi Dasar Sikap Spiritual (KD-1) dalam rangka menjabarkan KI-1
2.      Kompetensi Dasar Sikap Sosial (KD-2) dalam rangka menjabarkan KI-2
3.      Kompetensi Dasar Pengetahuan (KD-3) dalam rangka menjabarkan KI-3
4.      Kompetensi Dasar Keterampilan (KD-4) dalam rangka menjabarkan KI-4) 
v  Kompetensi Inti, Dasar Dan Indikator

PROG. PENGEMBANGAN
KD DAN INDIKATOR
1.      Nilai Agama Dan Moral






1.1.Pengenalan Tuhan melaiui ciptaan Nya
v  Terbiasi menyebut nama Tuhan sebagai pencipta
v  Terbiasa mengucapkan kalimat pujian terhadap ciptaan Tuhan
1.2.Manghargai diri sendiri orang lain dan Singkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan
v  Menghormati (toleransi) Agama oranglain
v  Terbiasa mengucap rasa syukur terhadap ciptaan Tuhan
v  Terbiasa menjaga kebersihan diri dan lingkungan
2.13. Merniliki perilaku yang mencerminkan sikap jujur
v  Terbiasa tidak berbohong
v  Terbiasa menghargai kepemilikan orang lain
v  Terbiasa mengembaikan benda yang bukan haknya
3.1 Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari
4.1 Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntutan orang Dewasa
v  Menggunakan doa-doa sehari-hari, melakukan ibadah sesuai dengan agamanya (misal: doa sebelum memulai dan seiesai kegiatan)
v  Berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianutnya (misal: tidak bohong, tidak berkelahi)
v  Menyebutkan hari-hari besar agama, tempat ibadah, tokoh keagamaan (misal: nabi-nabi)
v  Menyebutkan tempat ibadah agama Iain
v  Menceritakan kembals tokoh-tokoh keagamaan (misal: nabi-nabi)
3.2 Mengenal perilaku baik dan santun sebagai cerminan akhlak mulia
4.2 Menunjukkan perilaku santun sebagai cerminan akhlak mulia
v  Berperilaku sopan dan peduli melalui perkataan dan perbuatannya secara spontan sesuai dengan agama dan budaya
2.      Fisik Motorik






2.1  Memiliki perilaku yang mencerminkan hidup sehat
v  Terbiasa makan makanan bergizi seimbang
v  Terbiasa memelihara kebersihan diri dan lingkungan
3.3 Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan motorik halus
4.3 Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus
v  Mengenal anggota tubuh dan fungsinya
v  Melakukan berbagai gerakan terkoordinasi secara terkontrol, seimbang, dan lincah -  Melakukan gerakan mata, tangan, kaki, kepala secara terkoordinasi dalam menirukan berbagai gerakan yang teratur (misal: senam dan tarian)Melakukan permainan fisik dengan aturan
v  Terampil menggunakan tangan kanan dan kiri dalam berbagai aktivitas (misal: mengancingkan baju,  menali sepatu, menggambar, menempel, menggunting pola, meniru beptuk, menggunakan alat makan)
3.4 Mengetahui cara hidup sehat
4.4  Mampu menolong diri sendiri untuk hidup sehat
v  Melakukan kebiasaan hidup bersih dan sehat (misal: mandi 2x sehari; memakai baju bersih; membuang sampah pada tempatnya, menutup hidung dan mulut ketika batuk dan bersin, membersihkan dan membereskan tempat bermain)
v  Mampu melindungi diri dari percobaan kekerasan, termasuk kekerasan seksual dan bullying (misal dengan berteriak dan/atau berlari)
v  Mampu menjaga keamanan diri dari benda-benda berbahaya (misal: listrik, pisau, pembasmi serangga, kendaraan di jalan raya)
v  Menggunakan toilet dengan benar tanpa bantuan
v  Mengenal kebiasaan buruk bagi kesehatan (makan permen, jajan sembarang tempat)
3.      Kognitif










2.2 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu
v  Terbiasa menunjukkan aktivitas yang bersifat eksploratif dan menyelidik (seperti: aktif bertanya, mencoba atau melakukan sesuatu untuk mendapatkan jawaban)
2.3 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kreatif
v  Kreatif dalam menyelesaikan masalah menggunakan ide, gagasan di luar kebiasaan atau cara yang tidak biasa atau dengan menerapkan pengetahuan atau pengalaman baru
v  Menunjukkan inisiatif dalam memilih permainan (seperti: "ayo kita bermain pura-pura seperti burung")
3.5. Mengetahui dan mampu cara memecahkan masalah sehari-hari dan berperilaku kreatif
4.5. Menyelesaikan masalah sehari-hari secara kreatif
v  Mengerti masalah sederhana yang dihadapi
v  Menyelesaikan tugas meskipun menghadapi kesulitan
v  Menyusun perencanaan kegiatan yang akan dilakukan
3.6. Mengenal benda-benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya)
4.6. Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
v  Mengenal benda dengan mengelompokkan berbagai benda di lingkungannya berdasarkan ukuran, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya
v  Mengenal benda dengan menghubungkan satu benda dengan benda yang lain
v  Menghubungkan atau menjodohkan nama benda dengan tulisan sederhana melalui berbagai aktivitas
v  Mengenal konsep besar-kecil, banyak-sedikit, panjang-pendek, berat-ringan,tinggi- rendah dengan mengukur menggunakanalat ukur tidak baku
v  Membuat pola ABCD-ABCD
v  Mampu mengurutkan lima seriasi atau lebih berdasarkan warna, bentuk, ukuran, atau jumlah.
v  Mengenal perbedaan berdasarkan ukuran: "lebih dari"; "kurang dari"; dan "paling/ter"
v  Mengklasifikasikan benda berdasarkan 3 variabel warna, bentuk, dan ukuran
v  Menyebutkan lambang bilangan 1-10
v  Menggunakan lambang bilangan untuk menghitung
v  Mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan
3.7. Mengenal lingkungan sosial (keiuarga, tertian, tempat Kinggal, tempat ibadah,  budaya, transportasi)
4.7 Menyajikan berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll  tentang lingkungan sosial (keiuarga, teman, tempat tinggal, tempat Ibadah, budaya, transportasi)
v  Menyebutkan nama anggota keluarga dan teman serta ciri-ciri khusus mereka secara lebih rinci (warna kulit, warna rambut, jenis rambut, dll)
v  Menjelaskan lingkungan sekitarnya secara sederhana
v  Menyebutkan arah ke tempat yang sering dikunjungi   dan alat transportasi yang digunakan
v  Menyebutkan peran-peran dan pekerjaan termasuk didalamnya perlengkapan/atribut dan tugas-tugas yang dilakukan dalam pekerjaan tersebut
v  Membuat dan mengikuti aturan
3.8. Mengenal lingkungan alam, hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
4.8.  Menyajikan berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll tentang lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
v  Mengetahui hubungan dirinya dengan alam
v  Mengenal konsep sain dalam kehidupan sehari-hari
v  Melakukan berbagai percobaan sederhana bersifat sain
v  Mengenal sebab-akibat tentang lingkungannya (angin bertiup rnenyebabkan daun bergerak, air dapat rnenyebabkan sesuatu menjadi basah)
3.9. Mengenal dan menggunakan teknoiogi sederhana (peralatan rumah tangga, Peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll)
4.9. Menggunakan teknoiogi sederhana (Peralatan rumah tangga.peraiatan bermain, peralatan pertokangan, dll) untuk menyelesaikan tugas dan kegiatan.
v  Melakukan kegiatan dengan menggunakan alat teknologi sederhana sesuai fungsinya secara aman dan bertanggung jawab.
v  Membuat alat-alat teknologi sederhana (misal: baling-baling)
v  Melakukan proses kerja sesuai dengan prosedurnya (misal: membuat teh di mulai dari menyediakan air panas)
4.      Bahasa






2.14 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap santun kepada orangtua, pendidik, dan teman
v  Terbiasa ramah menyapa siapapun dengan lembut dan santun
3.10 memahami bahasa reseptif (menyimak dan membaea)
4.10 Menunjukkan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca)
v  Menceritakan kembali apa yang didengar dengan kosakata yang lebih banyak
v  Melaksanakan perintah yang lebih kompleks sesuai dengan aturan yangdisampaikan
v  Mengulang kalimat yang lebih kompleks
v  Memahami informasi yang didengarnya (misal tata tertib, aturan permainan)
3.11 Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbaldan non verbal)
4.11 Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkanbahasa secara verbal dan non verbal)
v  Mengungkapkan kesnginan, perasa an, dan pendapat dengan kalimat sederhana dalam berkomunikasi dengan anak atau orang dewasa
v  Senang membaca buku-buku bergambar
v  Mengungkapkan perasaan, ide dengan psiihan kata yang sesuai ketikaberkomunikasi
v  Menjawab pertanyaan yang lebih kompleks
v  Menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi yang sama
v  Membuat cerita dengan merangkaikan gambar berseri
3.12 Mengenal keaksaraan awal melalui bermain
4.12 Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk Karya
v  Menunjukkan bentuk-bentuk simbol (pra menulis)
v  Mengenal suara huruf awal
v  Menyebutkan lambang lambang huruf sesuai suara/bunyi
v  Menulis huruf-huruf dari namanya sendiri
v  Menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi/huruf awal yang sama.
v  Mengenal arti kata dari gabungan beberapa huruf konsonan dan vocal
v  Membaea nama sendiri
v  Mengenal perubahan bunyi dan arti berdasarkan perubahan huruf dan posisi huruf
v  Menuliskan cerita sendiri berdasarkan hasil karya yang dibuatnya
v  Menyebutkan angka bila diperlihatkan lambang bilangan nya (Mengucapkanbunyi lambang bilangan)
5.      Sosial










2.5 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap percaya diri
v  Terbiasa menyapa guru saat penyambutan
v  Berani tambil didepan teman, guru, orang tua dan lingkungan.dan sosial lainnya
v  Berani mengemukakan pendapat
v  Berani menyampaikan keinginan
v  Berkomunikasi dengan orang yang belum dikenal sebelumnya dengan pengawasan guru
v  Bangga menunjukkan hasil karya
v  Senang ikut serta dalam kegiatan bersama
v  Tidak berpengaruh penilaan oranng tentang dirinya
2.6 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk melatih kedisiplinan
v  Tau akan haknya
v  Mentaati aturan kelas ( kegiatan, aturan)
v  Mengatur diri sendiri
2.7 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sabar
v  Kesediaan diri untuk menahan diri
v  Bersikap tenang tidak lekas marah dan dapat menunda keinginan
v  Sikap mau menunggu giliran , mau mendengarkan ketika orang lain bicara
v  Tidak menangis saat berpisah dengan orang tuanya
v  Tidak mudah mengeluh
v  Tidak tergesa-gesa
v  Selalu menyesaikan gagasan-gagasannya hingga tuntas
v  Berusaha tidak menyakiti atau membalas kekerasan
2.8 Memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian
v  Terbiasa tidak bergantung pada orang lain
v  Terbiasa mengambil keputusan secara mandiri
v  Merencanakan, memilih, memiliki inisiatif untuk belajar atau melakukan sesuatu tanpa harus dibantu atau dibantu seperlunya
2.9 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap peduli mau membantu jika diminta bantuan
v  Mengetahui perasaan temannya dan meresponn secara wajar
v  Berbagi dengan orang lain
v  Menghargai/hak/pendapat/karya orang lain
v  Terbiasa mengindahkan dan memperhatikan kondisi teman
v  Mau menemani teman melakukan kegiatan bersama
v  Senang menawarkan bantuan pada teman atau gurupeka untuk membantu orang lain yang membutuhkan
v  Mampu menenangkan diri dan temannya dalam berbagai situasai,
v  Senang menqajak temannya untuk berkomunikasi,beraksi positif kepada semua temannya
2.10 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kerjasama
v  Bermain dengan teman sebaya
v  Menerima perbedaan teman dengan dirinya
v  Menghargai karya teman
v  Tidak ingin menang sendiri
v  Menghargai pendapat pendapat teman dan mendengarkan dengan sabar pendapat teman
v  Senang berteman dengan semuanya
2.11 Memiliki perilaku yang dapat menyesuaikan diri
v  Memperlihatkan diri untuk menyesuaikan dengan situasi
v  Memperlihatkan kehati-hatian kepada orang yang belum dikenal ( menumbuhkan kepercayaan kepada pada orang dewasa yang tepat)
v  Bersikap kooperatif dengan teman
v  Menggunakan cara yang diterima secara sosial dalam menyelesaikan masalah (menggunakan pikiran untuk menyelesaikan masalah)
v  Tetap tenang saat ditempat yang baru dengan situasai baru misahsaat bertemu, berada dipusat perbelanjaan, atau saat bertemu dengan guru baru,
2.12 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap tanggung jawab
v  Bertanggung jawab atas perilaku untuk kebaikan diri sendiri
v  Bersedia untuk menerima konsekwensi atau menanggung akibat atas tindakan yang diperbuat baik secara sengaja maupuntidak sengaja
v  Mau mengakui kesalahan dengan meminta maaf
v  Merapihkan/ membereskan mainan pada tempat semula
v  Mengerjakan sesuatu hingga tuntas
v  Senang menjalankan kegiatan yang jadi tugasnya (misalnya piket sebagai pemimpin harus membantu menyiapkan alat makan)
3.13 Mengenal emosi diri dan orang lain secara wajar
4.13 Menunjukkan reaksi emosi secara wajar
v  Mengenal perasaan sendiri dan orang lain
v  Mengelolanya secara wajar (mengendalikan diri secara wajar)
v  Berprilaku yang membuat orang lain nyaman
v  Mengekspresikan emosi yang sesuai dengan kondisi yang ada (senang-sedih-antusias dsb)
3.14 Mengenali kebutuhan, keinginan,dan minat diri
4.14 Mengungkapkan kebutuhan, keinginan, dan minat diri denqan cara yang tepat
v  Memilih kegiatan/ benda yang paling sesuai dengan yang dibutuhkan dari beberapa pilihan yang ada
v  Mengungkapkan yang dirasakan (lapar ingin makan, kedinginan, memerlikan baju hangat, perlu payung agar tidak keehujanan, kepanasan, sakit perut perlu berobat)
v  Menggunakan sesuatu sesuai kebutuhan
6.      Seni


2.4 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap estetis
v  Menghargai keindahan diri sendiri, karya sendiri atau orang lain, alam dan lingkungan sekitar
v  Menjaga kerapihan diri
v  Bertindak /berbuat yang mencerminkan sikap estetis
Merawat kerapihan, kebersihan, dan keutuhan benda mainan atau milik pribadinya
3.15 Mengenal dan menghasilkan berbagai karya dan aktivitas seni
4.15 Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media
v  Membuat karya seni sesuai kreativitasnya misal seni musik, visual, gerak, tari yang dihasilkannya dengan menggunakan alat yang sesuai
v  Menampilkan hasil karya seni baik dalam bentuk gambar
v  Menghargai hasil karya baik dalam bentuk gambar

v  Lama Program Pendidikan

Peserta didik RA Muslimat NU 007 Gandu I Mlarak Ponorogo adalah usia 4 sampai 6 tahun. Lama pendidikan di RA Muslimat NU 007 Gandu I Mlarak Ponorogo tahun atau 2 tahun sesuai dengan usia anak. RA Muslimat NU 007 Gandu I Mlarak Ponorogo yang memiliki program 1 tahun dapat menyelenggarakan kelompok A dan kelompok B. Jika memilih program 2 tahun, maka RA Muslimat NU 007 Gandu I Mlarak Ponorogo tersebut menyelenggarakan kelompok A dan kelompok B yang lamanya masing-masing 1 tahun

v  Waktu Belajar
          Program Pendidikan dan pembelajaran di RA Muslimat NU 007 Gandu I Mlarak Ponorogo menggunakan waktu belajar satu tahun dalam bentuk perencanaan semester, perencanaan mingguan dan perencanaan mingguan efektif dalam satu tahun pelajaran (2 semester) adalah 34 minggu, dengan jam belajar efektif adalah satu kali pertemuan selama 150 – 180 menit. Enam atau lima hari per minggu, dengan jumlah pertemuan sebanyak 900 menit (30 jam @ 30 menit).



v  Pendekatan Pembelajaran
          Pembelajaran di RA Muslimat NU 007 Gandu I Mlarak Ponorogo dilakukan secara aktif dialogis dan kritis, melalui pendekatan tematik, terintegrasi,Saintifik  serta mengacu pada karakteristik program pembelajaran RA Muslimat NU 007 Gandu I Mlarak Ponorogo

v  Rombongan Belajar
          Jumlah maksimal peserta didik setiap rombongan belajar sebanyak 20 peserta didik dengan satu orang guru RA Muslimat NU 007 Gandu I Mlarak Ponorogo atau guru pendamping. Kelompok A untuk anak usia 4 – 5 tahun dan kelompok B untuk anak usia 5 – 6 tahun. Kalender pendidikan
          Kegiatan pembelajaran peserta didik di mulai minggu ketiga bulan Juli, minggu efektif pembelajaran 34 minggu yang dipergunakan untuk kegiatan sehari-hari pertama masuk sekolah, waktu pembelajaran efektif, pembelajaran anak seutuhnya. Sisa minggu dalam satu tahun ajaran yang dipergunakan untuk hari libur nasional, libur keagamaan, libur semester dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diklat K13

Diklat K13

Penyusunan Silabus RA

Penyusunan Silabus RA