SATUAN
ACARA PERKULIAHAN (SAP)
Kode/Nama Mata Kuliah
|
:
|
Materi PAI SLTP,SLTA
|
Fakultas
|
|
Tarbiyah
|
Program Studi
|
:
|
Pendidikan Agama Islam (PAI)
|
Beban Studi
|
:
|
3 SKS
|
Semester
|
:
|
Genap/II
|
Dosen Pengampu
|
:
|
Syahrudin, M.Pd.I
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Memahami muatan dan urutan
materi PAI di SLTP dan SLTA dengan disertai penguasaan terhadap sumber dan
metode pembelajarannya
|
Deskripsi Matakuliah
|
:
|
Mata kuliah ini mengarahkan
mahasiswa pada materi pendidikan agama Islam di SLTP dan SLTA, sehingga
diharapkan dengan mata kuliah ini mahasiswadapat mempunyai kemampuan menganalisa materi
pendidikan Agama Islam di jenjang SLTP
dan SLTAdari berbagai aspeknya serta mampu menentukan Scope (seberapa luas dan ruang lingkup materi
pembelajaran Agama Islam), Sequence (apa yang di ajarkan lebih dulu),sumber
yang di jadikan rujukan dan metode pembelajarannya
|
Pertemuan ke :
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi
Pokok
|
I
|
Mahasiswa Mampu memahami ruang lingkup Mata Kuliah dan
urgensinya
|
Mahasiswa mampu menjelaskan ruang lingkup MK Telaah Materi
PAI dan ugensinya
|
Kontrak Belajar
Pengantar
|
II
|
Mahasiswa mampu memahami pengertian PAI sebagai sistem dan
matapelajaran serta problematikanya
|
Mahasiswa mampu ;
-Menjelaskan definisi PAI sebagai sistem pendidikan dan
mata pelajaran
-Menguraikan problematika yang menimpa PAI
|
Wawasan PAI
|
III
|
|
|
Hakikat PAI
|
IV
|
Mahasiswa mampu
memahami ruang lingkup materi PAI di SLTP dan SLTA
|
Mahasiswa
mampu;
-menguraikan
muatan materi PAI di SLTP dan SLTA
-mengidentifikasi
SD,KD PAI di SLTP dan SLTA
|
Ruang lingkup materi PAI di SLTP dan SLTA
|
V
|
Mahasiswa mampu
memahami problem dan tantangan pembelajaran PAI di sekolah
|
Mahasiswa
mampu:
-menganalisis
problematika pembelajaran PAI di sekolah
-menganalisis
peluang dan tantangan pembelajaran PAI di sekolah
|
Problematika, Peluang dan tantangan pembelajaran PAI di
Sekolah
|
VI
|
Mahasiswa mampu
mengembangkan model pembelajaran PAI
|
Mahasiswa
mampu;
-Menguraikan
model-model pembelajaran PAI dan mengembangkannya
-Mengidentifikasi
strategi dan metode yang tepat untuk PAI
|
Pengembangan Model Pembelajaran PAI
|
VII
|
UTS
|
|
|
VIII
|
Mahasiswa mampu
mengidentifikasi materi PAI dan problematika pembelajarannya
|
Mahasiswa
mampu;
-menganalisis
materi PAI di sekolah
-menginventarisir
problematika pembelajaran PAI di sekolah
|
Survey materi
PAI dan pembelajarannya di sekolah
|
IX
|
Mahasiswa mampu
menelaah materi B.Arab dan membelajarkannya (MTs/MA)
|
Mahasiswa
mampu;
-menganalisis
materi B.Arab dari aspek kelebihan dan kekurangannya
-merekomendasikan
pengembangan materi B.Arab
-mensimulasikan
pembelajaran B.Arab secara efektif dan efisien
|
Telaah & Rekomendasi Materi serta Pembelajaran B.Arab
(MTs/MA
|
X
|
Mahasiswa mampu
menelaah materi Aqidah Akhlak dan membelajarkannya (MTs/MA)
|
Mahasiswa
mampu;
-menganalisis
materi Aqidah dari aspek kelebihan dan kekurangannya
-merekomendasikan
pengembangan materi Aqidah
-mensimulasikan
pembelajaran Aqidah Akhlak secara efektif dan efisien
|
Telaah & Rekomendasi Materi serta Pembelajaran Aqidah Akhak
(MTs/MA)
|
XI
|
Mahasiswa mampu
menelaah materi Qur`an Hadits dan membelajarkannya (MTs/MA)
|
Mahasiswa mampu;
-menganalisis
materi Qu`an Hadits dari aspek kelebihan dan kekurangannya
-merekomendasikan
pengembangan materi Qur`an Hadits
-mensimulasikan
pembelajaran Qur`an Hadits secara efektif dan efisien
|
Telaah & Rekomendasi Materi serta Pembelajaran Qur`an
Hadits (MTs/MA)
|
XII
|
Mahasiswa mampu
menelaah materi B.Arab dan membelajarkannya (MTs/MA)
|
Mahasiswa
mampu;
-menganalisis
materi Fiqh dari aspek kelebihan dan kekurangannya
-merekomendasikan
pengembangan materi Fiqh
-mensimulasikan
pembelajaran Fiqh secara efektif dan efisien
|
Telaah & Rekomendasi Materi serta Pembelajaran Fiqh
(MTs/MA)
|
XIII
|
Mahasiswa mampu
menelaah materi SKI dan membelajarkannya (MTs/MA)
|
Mahasiswa
mampu;
-menganalisis
materi SKI dari aspek kelebihan dan kekurangannya
-merekomendasikan
pengembangan materi SKI
-mensimulasikan
pembelajaran SKI secara efektif dan efisien
|
Telaah & Rekomendasi Materi serta Pembelajaran SKI
(MTs/MA)
|
XIV
|
UAS
|
|
|
Komposisi Penilaian
:
Aspek Penilian
|
Prosentase
|
Ujian Akhir Semester
|
20 %
|
Ujian Tengah Semester
|
20%
|
Keaktifan
|
20%
|
Tugas Mandiri
|
20%
|
Tugas Kelompok
|
20%
|
Total
|
100
|
Daftar referensi
1.
Permendiknas No. 22 Tahun 2006
tentang Standar Isi
2.
Permendiknas No. 23 Tahun 2006
tentang Standar kompetensi Lulusan
3.
Permenag No. 2 Tahun 2008 tentang
Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan PAI dan Bahasa Arab di Madrasah
4.
UU Nomer 20 tahun 2003 tentang
Sistem Pendidikan Nasional
5.
PP No. 19 Tahun 2005 tentang
Standar Nasional Pendidikan (SNP)
6.
BSNP Panduan Penyusunan Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan
7.
Muhaimin dkk, Pengembangan Model KTSP pada Sekolah & Madrasah
8.
Nana Syaodih Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik
9.
E. Mulyasa, KBK, KTSP
10. Ahmad Tafsir , Metodologi
Pengajaran Agama Islam, (Bandung: Remaja Rosda Karya, cet. 3, 1997)
11. Buku-buku
MataPelajaran PAI SLTP dan SLTA
Disusun Oleh
Dosen Pengampu:
Syahrudin,
M.Pd.I
Tidak ada komentar:
Posting Komentar