http://www.syahrudinpaudpo.com

Senin, 08 Februari 2016

SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP) FAK TARBIYAH

SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)

Kode/Nama Mata Kuliah
:
Materi PAI SLTP,SLTA
Fakultas

Tarbiyah
Program Studi
:
Pendidikan Agama Islam (PAI)
Beban Studi
:
3 SKS
Semester
:
Genap/II
Dosen Pengampu
:
Syahrudin, M.Pd.I
Standar Kompetensi
:
Memahami muatan dan urutan materi PAI di SLTP dan SLTA dengan disertai penguasaan terhadap sumber dan metode pembelajarannya
Deskripsi Matakuliah 
:
Mata kuliah ini mengarahkan mahasiswa pada materi pendidikan agama Islam di  SLTP dan SLTA, sehingga diharapkan dengan mata kuliah ini mahasiswadapat mempunyai kemampuan menganalisa materi pendidikan Agama Islam di  jenjang SLTP dan SLTAdari berbagai aspeknya serta mampu menentukan Scope (seberapa luas dan ruang lingkup materi pembelajaran Agama Islam), Sequence (apa yang di ajarkan lebih dulu),sumber yang di jadikan rujukan dan metode  pembelajarannya

Pertemuan ke :
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
I
Mahasiswa Mampu memahami ruang lingkup Mata Kuliah dan urgensinya
Mahasiswa mampu menjelaskan ruang lingkup MK Telaah Materi PAI dan ugensinya
Kontrak Belajar
Pengantar
II
Mahasiswa mampu memahami pengertian PAI sebagai sistem dan matapelajaran serta problematikanya
Mahasiswa mampu ;
-Menjelaskan definisi PAI sebagai sistem pendidikan dan mata pelajaran
-Menguraikan problematika yang menimpa PAI
Wawasan PAI
III


Hakikat PAI
IV
Mahasiswa mampu memahami ruang lingkup materi PAI di SLTP dan SLTA
Mahasiswa mampu;
-menguraikan muatan materi PAI di SLTP dan SLTA
-mengidentifikasi SD,KD PAI di SLTP dan SLTA
Ruang lingkup materi PAI di SLTP dan SLTA
V
Mahasiswa mampu memahami problem dan tantangan pembelajaran PAI di sekolah
Mahasiswa mampu:
-menganalisis problematika pembelajaran PAI di sekolah
-menganalisis peluang dan tantangan pembelajaran PAI di sekolah
Problematika, Peluang dan tantangan pembelajaran PAI di Sekolah
VI
Mahasiswa mampu mengembangkan model pembelajaran PAI
Mahasiswa mampu;
-Menguraikan model-model pembelajaran PAI dan mengembangkannya
-Mengidentifikasi strategi dan metode yang tepat untuk PAI
Pengembangan Model Pembelajaran PAI
VII
UTS


VIII
Mahasiswa mampu mengidentifikasi materi PAI dan problematika pembelajarannya
Mahasiswa mampu;
-menganalisis materi PAI di sekolah
-menginventarisir problematika pembelajaran PAI di sekolah
Survey materi PAI dan pembelajarannya di sekolah
IX
Mahasiswa mampu menelaah materi B.Arab dan membelajarkannya (MTs/MA)
Mahasiswa mampu;
-menganalisis materi B.Arab dari aspek kelebihan dan kekurangannya
-merekomendasikan pengembangan materi B.Arab
-mensimulasikan pembelajaran B.Arab secara efektif dan efisien
Telaah & Rekomendasi Materi serta Pembelajaran B.Arab (MTs/MA
X
Mahasiswa mampu menelaah materi Aqidah Akhlak dan membelajarkannya (MTs/MA)
Mahasiswa mampu;
-menganalisis materi Aqidah dari aspek kelebihan dan kekurangannya
-merekomendasikan pengembangan materi Aqidah
-mensimulasikan pembelajaran Aqidah Akhlak secara efektif dan efisien
Telaah & Rekomendasi Materi serta Pembelajaran Aqidah Akhak (MTs/MA)
XI
Mahasiswa mampu menelaah materi Qur`an Hadits dan membelajarkannya (MTs/MA)
Mahasiswa mampu;
-menganalisis materi Qu`an Hadits dari aspek kelebihan dan kekurangannya
-merekomendasikan pengembangan materi Qur`an Hadits
-mensimulasikan pembelajaran Qur`an Hadits secara efektif dan efisien
Telaah & Rekomendasi Materi serta Pembelajaran Qur`an Hadits (MTs/MA)
XII
Mahasiswa mampu menelaah materi B.Arab dan membelajarkannya (MTs/MA)
Mahasiswa mampu;
-menganalisis materi Fiqh dari aspek kelebihan dan kekurangannya
-merekomendasikan pengembangan materi Fiqh
-mensimulasikan pembelajaran Fiqh secara efektif dan efisien
Telaah & Rekomendasi Materi serta Pembelajaran Fiqh (MTs/MA)
XIII
Mahasiswa mampu menelaah materi SKI dan membelajarkannya (MTs/MA)
Mahasiswa mampu;
-menganalisis materi SKI dari aspek kelebihan dan kekurangannya
-merekomendasikan pengembangan materi SKI
-mensimulasikan pembelajaran SKI secara efektif dan efisien
Telaah & Rekomendasi Materi serta Pembelajaran SKI (MTs/MA)
XIV
UAS



Komposisi Penilaian :
Aspek Penilian
Prosentase
Ujian Akhir Semester
20 %
Ujian Tengah Semester
20%
Keaktifan
20%
Tugas Mandiri
20%
Tugas Kelompok
20%
Total
100 

Daftar referensi
1.      Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi
2.      Permendiknas No. 23 Tahun 2006 tentang Standar kompetensi Lulusan
3.      Permenag No. 2 Tahun 2008 tentang Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan PAI dan Bahasa Arab di Madrasah
4.      UU Nomer 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
5.      PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP)
6.      BSNP Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
7.      Muhaimin dkk, Pengembangan Model KTSP pada Sekolah & Madrasah
8.      Nana Syaodih Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik
9.      E. Mulyasa, KBK, KTSP
10.  Ahmad Tafsir , Metodologi Pengajaran Agama Islam, (Bandung: Remaja Rosda Karya, cet. 3, 1997)
11.  Buku-buku MataPelajaran PAI SLTP dan SLTA

Disusun Oleh Dosen Pengampu:


Syahrudin, M.Pd.I

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diklat K13

Diklat K13

Penyusunan Silabus RA

Penyusunan Silabus RA